Manifesto De Prago En La Indonezia

El UEA-vikio
Revizio de 10:23, 27 Jun. 2010 fare de Amiko1 (Diskuto | kontribuoj) (1 versio)

Iri al: navigado, serĉi

Manifesto'

Promosi Esperanto mengalamatkan Manifesto ini kepada semua pemerintahan, organisasi internasional dan orang-orang yang berkemauan baik; menyatakan komitmen kami yang teguh terhadap tujuan-tujuan yang dicantumkan disini; dan menyerukan kepada seluruh organisasi dan perseorangan untuk bergabung bersama kami dalam usaha mencapai tujuan-tujuan ini.

Selama lebih dari satu abad bahasa Esperanto, yang diluncurkan pada tahun 1887 sebagai sebuah proyek bahasa bantu untuk komunikasi internasional dan dengan cepat berkembang menjadi sebuah bahasa sendiri yang hidup dan kaya, memiliki fungsi sebagai alat untuk mengumpulkan bersama orang-orang melintasi rintangan bahasa dan budaya. Tujuan-tujuan yang mengilhami pemakai bahasa Esperanto masih sama penting dan relevannya seperti semula. Entah itu pemakaian internasional dari segelintir bahasa-bahasa nasional , atau kemajuan dalam teknologi komunikasi, maupun perkembangan metoda baru pengajaran bahasa, kesemuanya itu tidak mungkin menghasilkan ordo bahasa yang adil dan efektif berbasiskan pada prinsip-prinsip berikut ini, yang kami anggap esensial:

DEMOKRASI

Setiap sistem komunikasi yang memberikan keistimewaan seumur hidup pada beberapa, sedangkan memaksa yang lain untuk mengabdikan usaha bertahun-tahun sekedar untuk mencapai tingkat kompetensi yang kurang adalah secara fundamental anti-demokrasi. Meskipun bahasa Esperanto, seperti bahasa apapun, tidaklah sempurna, ia jauh melampaui bahasa-bahasa lain sebagai alat komunikasi yang bersifat egalitarian pada tingkat dunia.

Kami tetap berpendapat bahwa ketidaksetaraan bahasa menimbulkan ketidaksetaraan komunikatip di setiap tingkat, termasuk tingkat internasional. Kami adalah gerakan untuk komunikasi yang demokratis.

PENDIDIKAN GLOBAL

Semua bahasa etnik terikat pada budaya dan bangsa tertentu. Misalnya, anak yang belajar bahasa Inggris belajar tentang budaya, ilmu bumi dan sistem politik dari dunia yang berbahasa Inggris, terutama Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris Raya. Anak yang belajar bahasa Esperanto belajar tentang dunia tanpa tapal batas, dimana setiap negara adalah rumahnya.

Kami tetap berpendapat bahwa pendidikan dalam bahasa manapun terikat pada sudut pandang tertentu tentang dunia. Kami adalah sebuah gerakan untuk pendidikan global.

PENDIDIKAN YANG EFEKTIF

Hanya presentase kecil siswa bahasa asing yang mencapai kefasihan dalam bahasa sasaran yang mereka pelajari. Dalam bahasa Esperanto, kefasihan dapat dicapai bahkan melalui belajar di rumah. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bahasa Esperanto berguna sebagai persiapan untuk belajar bahasa lain. Ia juga direkomendasikan sebagai elemen inti dalam kursus-kursus mengenai kesadaran bahasa.

Kami tetap berpendapat bahwa kesulitan dalam mempelajari bahasa-bahasa etnik akan selalu menjadi penghalang bagi banyak siswa yang sebetulnya akan beruntung dari mengetahui sebuah bahasa kedua. Kami adalah sebuah gerakan untuk pelajaran bahasa yang efektip.

MULTILINGUALISME

Komunitas bahasa Esperanto adalah nyaris unik sebagai sebuah komunitas sedunia yang anggotanya secara universal dwi-bahasa dan multi-bahasa. Setiap anggota komunitas telah berusaha untuk setidak-tidaknya belajar satu bahasa asing sampai ke tingkat komunikatip. Dalam banyak kasus, hal ini menjurus ke sebuah kecintaan dan pengetahuan akan beberapa bahasa, serta cakrawala pribadi yang lebih luas secara umum.

Kami tetap berpendapat bahwa para penutur dari semua bahasa tidak terkecuali, besar dan kecil, harus benar-benar memiliki kesempatan belajar bahasa kedua sampai ke tingkat komunikatip yang tinggi. Kami adalah sebuah gerakan yang menyediakan kesempatan itu bagi semuanya.

HAK BAHASA

Distribusi kekuasaan yang tidak setara antara bahasa-bahasa adalah resep dari ketidak-amanan bahasa yang sifatnya menetap, atau sungguh-sungguh sebuah penindasan bahasa, bagi sebagian besar penduduk dunia. Dalam komunitas bahasa Esperanto, penutur bahasa besar dan kecil, resmi dan tidak resmi bertemu dalam kedudukan yang setara melalui keinginan yang sama untuk berkompromi. Keseimbangan hak dan tanggung-jawab bahasa ini memberikan sebuah tanda patokan untuk mengembangkan dan mempertimbangkan solusi-solusi lainnya bagi ketidaksetaraan dan konflik bahasa.

Kami tetap berpendapat bahwa perbedaan yang luas dalam kekuasaan diantara bahasa-bahasa mengurangi - sebagaimana terekspresikan dalam banyak perangkat-perangkat internasional- jaminan atas perlakuan yang setara tanpa menghiraukan bahasa. Kami adalah sebuah gerakan untuk hak bahasa.

KEANEKARAGAMAN BAHASA

Para pemerintah nasional cenderung memperlakukan kekayaan keanekaragaman bahasa di dunia ini sebagai rintangan terhadap komunikasi dan pembangunan. Tetapi, dalam komunitas Esperanto, keanekaragaman bahasa dialami sebagai sumber yang memperkaya yang bersifat terus menerus dan tidak dapat digantikan. Sebagai akibatnya, setiap bahasa, seperti spesies biologis, secara inheren sangat berharga dan perlu dilindungi dan didukung.

Kami tetap berpendapat bahwa komunikasi dan kebijakan pembangunan yang tidak berdasarkan pada penghargaan dan dukungan untuk semua bahasa sama dengan dengan hukuman mati untuk mayoritas bahasa-bahasa di dunia. Kami adalah sebuah gerakan untuk keanekaragaman bahasa.

EMANSIPASI KEMANUSIAAN

Setiap bahasa membebaskan sekaligus memenjarakan pemakainya, memberikan pada mereka kemampuan untuk berkomunikasi diantara mereka, namun membatasi mereka dari berkomunikasi dengan yang lainnya. Dirancang sebagai sarana komunikasi yang dapat diakses secara universal, Esperanto adalah salah satu proyek besar fungsional untuk membebaskan manusia-proyek yang tujuannya adalah untuk membiarkan setiap penduduk dunia berperan-serta sepenuhnya dalam komunitas manusia, yang secara aman berakar di, tetapi tidak dibatasai oleh, budaya asli dan identitas bahasanya.

Kami tetap berpendapat bahwasanya ketergantungan eksklusif pada bahasa nasional tidak dapat dielakkan menciptakan rintangan-rintangan terhadap kebebasan berekspresi, berkomunikasi dan berasosiasi. Kami adalah sebuah gerakan untuk emansipasi kemanusiaan.

Praha, Juli 1996

я3newauthorя31я3minorя30я2hostя2host135-202.pool212171.interbusiness.itя2usernameя2Renato Corsettiя2revisionя21я2idя21119я2tscreateя21081967322я2keeptsя21084548926я1ipя2213.45.228.238я2tsя21084548926я2versionя21я2nameя2text_defaultя2dataя2summaryя3*я3textя3 MANIFESTO PRAHA

Manifesto Praha mengenai gerakan bahasa internasional Esperanto

Kami, angauta gerakan seluruh dunia untuk pengenalan Esperanto, menyampaikan Manifesto ini kepada semua pemerintah, organisasi internasional dan khalayak yang mempunyai niat baik; menyatakan komitmen kuat kami untuk mencapai tujuan yang ditentukan; dan menghimbau segenap organisasi dan perorangan agar bergabung untuk melaksanakan tujuan tersebut.

Lebih dari satu abad bahasa Esperanto, yang diluncurkan pada tahun 1887 sebagai sebuah proyek bahasa auksialari untuk komunikasi internasional, telah berkembang menjadi bahasa hidup yang kaya dengan segala haknya, berfungsi sebagai alat yang membawa umat manusia bersama- sama melintasi batasan bahasa dan budaya. Tujuan yang menyemangati para pengguna bahasa Esperanto tetap penting dan relevan seperti sedia kala. Penggunaan beberapa bahasa nasional atau kemajuan teknologi komunikasi ataupun pengembangan metode pengajaran bahasa nampaknya tidak menghasilkan susunan bahasa yang adil dan efektif yang didasari oleh prinsip- prinsip berikut , yang kami pegang sebagai ladasan.

1. DEMOKRASI

Sistem komunikasi apapun yang menganugrahkan hak istimewa abadi bagi kelompok tertentu, sedangkan yang lainnya harus menghabiskan bertahun- tahun waktunya untuk mencapai tingkatan kemampuan yang tak seberapa adalah sebuah sikap antidemokrasi yang sebenarnya. Sedangkan bahasa Esperanto adalah, seperti bahasa lainnya, tidak sempurna, ia jauh melampaui bahasa – bahasa lain sebagai alat komunikasi egalitarian dalam skala dunia. Kami berpendapat bahwa ketidaksetaraan bahasa menimbulkan ketidaksetaraan dalam komunikasi pada semua tingkatan, termasuk di tingkat internasional. Kami, adalah gerakan bagi komunikasi yang demokratik.

2. PENDIDIKAN GLOBAL

Semua bahasa etnik terikat pada kebudayaan dan bangsa tertentu. Misalnya, anak yang belajar bahasa Inggris belajar mengenai kebudayaan, geografi dan sistim politik negara berbahasa Inggris, terutama Amerika Serikat dan Inggris. Anak yang belajar Esperanto belajar tentang dunia tanpa batas, dimana setiap negara adalah rumah kita. Kami berpendapat bahwa pendidikan dalam bahasa apapun terkait dengan pandangan dunia tertentu. Kami adalah gerakan bagi pendidikan global.

3. PENDIDIKAN YANG EFEKTIF

Hanya persentasi kecil saja pelajar bahasa asing yang dapat mencapai tingkat mahir dalam bahasa targetnya. Dalam bahasa Esperanto, kemahiran dapat dicapai bahkan dengan belajar di rumah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa bahasa Esperanto dapat berguna sebagai batu loncatan untuk belajar bahasa lainnya. Bahkan direkomendasikan pula sebagai unsur inti dalam kursus –kursus kesadaran bahasa. Kami berpendapat bahwa kesulitan dalam belajar bahasa etnik akan selalu menjadi hambatan bagi banyak pelajar yang ingin mendapat manfaat dengan menguasai bahasa kedua. Kami adalah gerakan bagi pembelajaran bahasa yang efektif.

4. MULTI BAHASA

Komunitas Esperanto dapat dikatakan unik sebagai komunitas seluruh dunia yang anggautanya pada umumnya dwi bahasa atau multi bahasa. Tiap anggauta komunitas telah mengusahakan untuk belajar paling tidak satu bahasa hingga tingkat komunikatif. Dalam banyak kasus, hal itu mengarah kepada pengetahuan dan rasa cinta pada beberapa bahasa dan memperluas cakrawala pribadi pada umumnya. Kami berpendapat bahwa pemakai bahasa, besar dan kecil, haruslah memiliki kesempatan nyata dalam mempelajari bahasa kedua hingga tingkat komunikatif tinggi. Kami adalah gerakan yang menyediakan kesempatan tersebut untuk semua orang.

5. HAK BAHASA

Distribusi kekuasaan antar bahasa yang tidak sama adalah masalah permanen tidak amannya bahasa, atau adanya penindasan langsung pada bahasa, bagi sebagian terbesar penduduk dunia. Di dalam komunitas Esperanto, pemakai bahasa besar atau kecil, resmi atau tidak resmi bertemu dalam suasana keinginan bergotong royong dan berkompromi. Keseimbangan hak berbahasa dan tanggung jawab adalah landasan untuk pengembangan dan penilaian jalan keluar lain dalam hal ketidaksetaraan dan konflik bahasa. Kami berpegang bahwa variasi yang luas atas kekuasaan berbagai bahasa mengabaikan jaminan, yang dikemukakan oleh berbagai badan dunia, mengenai perlakuan yang sama tanpa memandang bahasa. Kami adalah gerakan untuk hak bahasa.

6. RAGAM BAHASA

Pemerintah masing- masing negara cenderung memperlakukan ragam bahasa yang luas di dunia sebagai penghambat komunikasi dan pembangunan. Sebaliknya, dalam komunitas Esperanto, ragam bahasa adalah bagian dari sumber kekayaan yang konstan dan sangat diperlukan. Akibatnya tiap bahasa, seperti halnya spesies biologi, adalah sifat yang dihargai dan memerlukan perlindungan dan dukungan. Kami berpegang bahwa kebijakan komunikasi dan pembangunan yang tidak didasari oleh rasa hormat dan dukungan atas semua bahasa berarti hukuman mati bagi mayoritas bahasa- bahasa dunia. Kami adalah gerakan bagi keanekaragaman bahasa.

7. EMANSIPASI MANUSIA

Setiap bahasa dapat membebaskan dan sekaligus memenjarakan pemakainya, memberi mereka kemampuan berkomunikasi antara sesama mereka tapi menghalangi mereka berkomunikasi dengan yang lainnya. Dirancang sebagai alat komunikasi yang dapat diperoleh secara luas, bahasa Esperanto adalah satu proyek besar yang berfungsi untuk emansipasi kemanusiaan, yang mendorong tiap individu warga berperan penuh dalam masyarakat manusia, yang menjamin ikatan pada identitas budaya dan bahasa lokalnya namun demikian tanpa dibatasi olehnya. Kami berpegang bahwa ketergantungan ekslusif pada bahasa nasional tak dapat dihindarkan akan menjadi hambatan bagi kebebasan berekspresi, komunikasi dan pergaulan. Kami adalah gerakan bagi emansipasi manusia.