Unua komuniko en la indonezia

El UEA-vikio
Iri al: navigado, serĉi


Para penutur bahasa Esperanto akan berkampanye selama tahun 2013 untuk kesetaraan berbahasa dengan slogan "Justa Komunikado" (Kesetaraan dalam berkomunikasi) berkaitan dengan Kongres Esperanto Dunia ke-98, yang akan diadakan di tempat bergengsi, Pusat Harpa, Rejkjavik, Islandia, dengan sekitar 1.000 peserta lebih dari 50 negara. Kongres ini akan mengusung tema yang sama.

Dari periode yang singkat setelah 125 tahun, saat ini Esperanto termasuk diantara 100 bahasa yang sering digunakan dari 6.800 bahasa didunia. Bahasa ini menduduki urutan ke-29 dari bahasa yang paling sering digunakan di Wikipedia, mengungguli bahasa Swedia, Jepang dan Latin. Esperanto digunakan diantara bahasa yang dipilih oleh Google, Skype, Firefox, Ubuntu dan Facebook. Google Translate, program penerjemahan di Google, akhir-akhir ini menambahkan Esperanto pada daftar 64 bahasa bergengsinya. Layar sentuh pada telepon seluler pun saat ini dapat menggunakan bahasa Esperanto.

Esperanto secara resmi diajarkan pada 150 universitas dan institusi pendidikan tinggi lainnya, serta pada 600 sekolah menengah dan tingkat dasar di 28 negara. Bahasa ini memiliki literatur yang kaya, terdapat lebih dari 50.000 judul, dengan terbitan baru muncul setiap minggunya. Disamping program penyiaran di radio dari berbagai negara, terdapat pula stasiun radio yang mengudara selama 24 jam bernama "Muzaiko" dan televisi internet di Cina.

Perkembangan Esperanto sempat dihentikan karena prasangka dan kurangnya pengetahuan, pengabaian fakta serta tujuannya. Adolf Hitler dan Joseph Stalin memburu para penutur Esperanto. Keduanya telah tiada, namun Esperanto tetap bertahan, tumbuh, berkembang dan kini secara aktif digunakan sebagai alat komunikasi antar manusia, diantara ribuan dan ribuan orang, lebih dari 100 negara di dunia.

UEA adalah mitra penasihat pada Unesco, serta berhubungan dengan resmi dan serasi dengan PBB dan Uni Eropa. Esperanto memungkinkan komunikasi antar bangsa yang netral dan tataran diskusi yang adil, saling pengertian, melindungi hak-hak minoritas dan bahasa tradisional/nasional, memperlakukan semua bahasa pada tingkat yang setara, menghargai budaya dan perbedaan bahasa bagi para penggunanya.

--

Untuk menerjemahkan teks ini dalam bahasa lain, dapat anda gunakan http://translate.google.com/ , namun anggaplah hasilnya sebagai terjemahan kasar yang harus anda periksa dan anda perbaiki dengan hati-hati, agar sesuai dengan kaidah berbahasa anda.